Rabu, 02 September 2009

2.1.6 GENERATOR DC MAJEMUK KUMULATIF

Generator jenis ini mempunyai penguatan ganda yaitu penguatan seri dan shunt serta efek medan keduanya terhadap jangkar saling memperkuat (cumulative).
Sehingga total magnetomotive force keduanya adalah,
Fnet = Fsh+Fse-Far
Dimana :

Fne = mmf efektif ke mesin
Fsh = mmf medan shunt
Fse = mmf medan ser
Far = mmf akibat reaksi jangkar (armature reaction)
Arus medan shunt efektif mesin adalah,
If * = If + (Nse/Nsh)Ia – Far/Nsh
Dari segi konstruksinya generator DC majemuk kumulatif dapat diperoleh dari generator DC majemuk sambungan ‘Short Shunt’ (shunt pendek) dan generator DC majemuk ‘Long Shunt’ (shunt panjang) dengan rangkaian ekivalen seperti berikut :
Kakteristik terminal generator DC majemuk kumulatif dapat diturunkan dan dianalisa. Jika beban bertambah sehingga arus beban bertambah (IL bertambah),maka:
 Ia (Ra + Rs) bertambah ,sehingga drop tegangan bertambah
 Ia bertambah .maka mmf medan seri bertambah (Fe =Nse Ia ) sehingga fluks mesin bertambah , maka Ea bertambah pula .
Dari fenomena kedua hal di atas maka yang berpengaruh terhadap tegangan terminal oleh adanya jumlah medan seri.
* Jika Nse sedikit ,maka drop tegangan lebih dominan terhadap pertambahan tegangan sehingga tetap terjadi penurunan tegangan terminal oleh pembebanan Kondisi ini disebut undercompound .
* Jika Nse lebih banyak , maka dengan bertambahnya beban II,mula-mula tegangan terminal bertambah ,jika beban beban bertambah terus maka tegangan terminal akan mulai menurun sehingga Vnl =Vfl dan disebut flat compound.
* Jika Nse banyak ,maka dengan bertambahnya beban tegangan terminal masih naik sampai beban penuh Vfl > Vnl dan kondisi ini disebut overcompound .

Karakteristik tersebut digambarkan seperti berikut dengan perbandingan generator DC shunt:

 Karakteristik di atas dapat juga dibuat dengan menambahkan resistor diverter yang disambung secara paralel terhadap kumparan medan seri dimana resistor tersebut dapat diatur besar resistansinya .Gambar rangkainya seperti berikut :


Prinsip pengaturan tegangan terminal pada generator Dc majemuk adalah dengan mengatur kecepatan putarnya (ω) dan mengatur arus medan (II)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar