Rabu, 19 Agustus 2009

Window 7, migrasi rame-rame

JAKARTA--Mendarat di toko-toko software pada Oktober ini, Windows 7 telah memunculkan debat; apakah hijrah dari XP ke Windows 7 adalah ide bagus. Jika anda berada di kubu 'nay' maka sungguh bijak untuk melihat ulasan berikut. Ada tujuh alasan utama mengapa anda perlu mempertimbangkan ulang berpindah posisi ke 'yay'.
Sebelum memeriksa ketujuh daftar, ajukan pertanyaan sopan terhadap diri anda, "Apakah saya benar-benar ingin meneruskan menggunakan sistem operasi berusia delapan tahun?". Pertanyaan dilanjutkan dengan , "Tidakkah saya layak mendapatkan yang lebih baik?"

Sebab, tidak peduli seberapa nyaman anda dengan XP, anda layak mendapat sistem operasi (OS) baik yang baru dan lebih baik, dan Windows 7 menghadirkan dua hal itu untuk anda. Masih belum yakin? Kalau begitu baca seksama.

Anda Sendiri yang Meminta

Ingat Vista? Semua orang tahu, sebagian besar menolak OS tersebut karena kualitas berada jauh di bawah harapan banyak konsumen. Tak heran jika kemudian muncul singkatan viruses spyware trojan adware (VISTA) untuk OS tersebut.

Hasil bisa ditebak, banyak--terutama pengguna peduli daya--memilih melewati Vista sepenuhnya dan tetap menggunakan XP. Alasan itulah yang membuat Microsoft berupaya membatalkan kegagaln dengan Windows 7. Baru-baru lalu, raksasa pembuat software berupaya keras mengumpulkan hasil umpan balik dari para penunggu antusias Microsoft, dengan melempar Windows 7 versi beta Januari ini.

Keluhan anda, tuntutan anda didengar dan sebagai respon, Microsoft merangkul semua bersama untuk dilepas ke pasar pada 22 Oktober mendatang. Hasil? Presentasi keseluruhan Window 7 cukup akrab untuk menyambut pengguna XP, namun secara mendasar sangat berbeda. 

Bisa-bisa malah mengubah pikiran anda tentang Microsoft. Sungguh, ini tak berlebihan, seorang redaktur majalah berita teknologi dan informasi, Wired, bernama Brian X. Chen, sekaligus loyalis Mac, komputer rakitan Apple, mengakui hal tersebut. Padahal ia sendiri menyebut dirinya mantan penggemar Microsoft.

Proses Upgrading Tidak Bikin Kacau.

Microsoft memiliki fans loyal dalam benak, termasuk mereka yang bertahan dengan XP. Raksasa besutan Bill Gates itu menjanjikan Windows 7 telah diberi kode untuk mendukung hampir seluruh bagian software-software yang beroperasi dalam sistem XP anda.

Jika ada kasus--yang dijamin Microsoft bakal langka--program tidak bekerja di Windows 7, anda masih bisa mengoperasikan dalam lingkungan virtual, dinamai XP Mode. Hal yang manarik dari sistem ini ialah anda tidak perlu memisahkan diri dari software berbasis XP itu dari Windows 7. Aplikasi bakal mulus berjalan dan tampil seolah-olah bagian dari Windows 7.

Juga, tak perlu khawatir chart (daftar) upgrade Windows 7 yang mungkin terlihat mengintimidasi dan membingungkan saat ini. Sebelum rilis, Microsoft mengumumkan rencana pengecekan kompatibilitas yang akan memindai sistem komputer anda secara otomatis. Fitur itu akan memberi tahu Window 7 versi apa yang pas buat anda.

Driver Piranti Terinstal Secara Otomatis

Ini hanya pengembangan kecil, namun mengatasi masalah kekacauan versi Windows 7 di awal-awal. Lagi pula siapa punya waktu memelototi internet demi mencari driver piranti yang cocok untuk perangkat keras seperti video card atau hard drive eksternal.

Hidup terlalu singkat untuk hanya mengutak-utik pekerjaan itu. Tentu menggembirakan mendengar Windows 7 telah menyelesaikan persoalan tersebut. Setiap mencolokkan piranti baru, OS akan langsung menemukan dan menginstal driver untuk anda. XP punya fitur ini, beberapa, tapi bekerja lebih bagus di Vista dan lebih, lebih baik lagi Windows 7. Tak perlu ada lagi tanda tanya kuning menyebalkan di pojok kanan bawah monitor anda.

Perkara Bajakan

Yup betul! Bukan rahasia umum banyak orang--mungkin anda pula--mengunduh kode digital bajakan, khususnya di wilayah Windows. Tapi sejago apa pun, tidak pernah ada kenyamanan serupa pada bajakan dibandingkan produk asli.

Kabar gembira di sini, Windows 7 ialah sebuah OS yang secara praktek dibuat untuk para pembajak. Ingin menampilkan film, foto, atau musik di dalam TV? Abakadabra! Windows Media Player akan melakukan untuk anda, asal anda punya TV berfitur Wi-Fi, atau Xbox.

Bahkan tidak perlu program tambahan untuk diinstal. Windows Media Player dengan mulus akan mengomunikasikan piranti Wi-Fi anda untuk menampilkan konten ilegal dengan segala kemewahan dalam TV anda. Sudah mulai ngiler?

Tak cuma itu, berbagi media pun mudah. Ingin mendownload semua musik-musik milik saudara anda di komputer berbeda? Sim salabim! HomeGroup, sebuah fitur jaringan dalam Windows 7, akan membuat koneksi supermudah antara komputer-komputer yang menjalankan OS tersebut. Segera, setelah anda masuk ke dalam network lewat LAN atau Wi-Fi, HomeGroup akan bertanya apakah anda ingin gabung dan mengijinkan mengeset proses berbagi data hanya dalam hitungan menit.

Antarmuka Lebih Baik.

Fitur Aero baru yang ditemukan dalam Windows 7, akan mengubah cara anda berinteraksi dengan komputer anda. Fitur itu menampilkan daftar windows (jendela-jendela) terbuka di balik jendela anda yang aktif. Setiap kotak daftar memiliki fitur klik yang terhubung dengan jendela untuk memudahkan anda memilih dan berganti jendela.

Editor Gizmodo, Matt Buchanan, yang telah menggunakan AeroPeek selama enam bulan memberikan prespektif luar biasa tentang Aero. "Itu menghilangkan insting untuk memaksimalkan windows begitu anda menggunakan, alih-alih, anda akan sekedar membuat windows-windows tampil apa adanya, karena mudah sekali berpindah-pindah,"

Masuk akal bukan? Apalagi untuk generasi pekerja multitasking. Tidakkah anda lelah mengklik tab windows terus menerus, berkali-kali?

Fitur lain adalah Aero Snap membuat lebih mudah mengatur ukuran windows agar sesuai dengan ruang tersedia. Kata-kata saja memang tidak cukup. Anda harus mencoba OS itu untuk memahami mengapa penguatan di sana-sini merupakan hal besar.

Ada gagasan muncul, bahwa orang-orang yang menolak Windows 7, belum bergaul dengan OS ini. Sangat dianjurkan untuk mengunduh versi rilis kandidat (RC) dan segera mengujinya. Namun lakukan segera, sebab sesi donwload hanya dibuka hingga 20 Agustus.

Dukungan untuk Piranti Canggih Lebih Banyak

Teknologi berevolusi lebih cepat dari organisme hidup dan Windows 7 juga didesain untuk bekerja dengan perangkat keras yang akan datang. Cukup meyakinkan pula, Windows 7 memasukkan dukungan fitur layarsentuh. Jika 2010 memang benar tahun untuk tablet seperti yang kami prediksi, maka Windows 7 sangat mungkin memenangkan pertarungan OS di lansekap baru.

Jika anda tidak tertarik dengan layarsentuh, pikirkan soal inti multiprosesor. Di saat bersamaan komputer dengan inti banyak semakin mudah diperoleh, terjangkau dan hemat energi. Sekedar informasi Intel dan AMD tengah berlomba mengeluarkan prosesor multiinti mereka. Tak lama Intel meluncurkan prosesor berinti delapan berkode Nehalem dan AMD akan mengantisipasinya dengan cip berinti enam belas berlabel Magny Course.

Sementara OS delapan tahun macam XP, tidak akan tahu apa yang mesti dilakukan dengan daya ekstra para prosesor masa depan tersebut. Microsoft sudah memberi pembukaan bahwa Windows 7 akan berskala hingga prosesor 256 bit. Arsitektur 64 bit dalam versi Windows 7 dapat menangani sistem memori lebih besar pula. Besaran memori RAM merentang hingga 192 GB, jauh dibanding batasan 4 GB untuk versi 32 bit yang dimiliki Windows XP dan Windows 7. Itu pun masih lebih tinggi ketimbang kapasitas maksimal 128 GB di Windows XP versi 64 bit. 

Omong-omong soal komputer baru, Windows 7 juga dianggap lebih cocok dengan laptop-laptop baru. Anda tahu bukan, piranti jinjing memiliki daya rendah sehingga terbatas dalam kinerja. Windows 7 akan beroperasi lebih baik di piranti tersebut, harus berterimakasih pada manajemen memori yang meningkat. Contoh sederhana, di XP, memori video di jendela yang tak terlihat tetap dihitung, tapi di Windows 7 tidak. Jadi, memori hanya untuk jendela yang terlihat di monitor. Tentu itu cocok dan responsif dengan daya baterai netbook anda.

Terlihat Lebih Seksi

Ini alasan berlebihan yang disadari banyak orang, tapi ketika memilih gadget, anda juga terpikat dengan desain dan penampilan bukan? Windows 7 akan membuat PC anda terlihat baru, tidak seperti warna vanila membosankan ala XP atau UI.
Sumber: www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar