Minggu, 26 Juli 2009

2.1.3 Generator DC Seri

Disebut generator DC seri karena rangkaian exitasi (penguat) disambung secara seri dengan jangkarnya. Sehingga arus medan (Is) sama dengan arus jangkar (Ia) sama dengan arus beban (IL).

Kurva magnetisasi generator seri seperti generator yang lain (berpenguat sendiri) pada kondisi tanpa beban.
Pada kondisi berbeban arus medan bertambah sehingga Ea bertambah dengan cepat. Akan tetapi drop tegangan Ia.(Ra+Rs) juga bertambah dengan cepat sehingga terjadi penurunan tegangan yang cepat pula.
Pada mulanya pertambahan Ea lebih cepat akan tetapi kondisinya cepat jenuh sehingga Ea hampir konstan meskipun beban masih bertambah.Akhirnya pada kondisi sudah jenuh Ea sudah tidak dapat bertambah, sementara arus beban (IL) masih terus bertambah , maka terjadilah penurunan tegangan terminal dengan tajam .

Dengan karakterisik yang khas, maka pemakaian generator DC seri hanyalah untuk mesin las dengan semakin memperbesar reaksi jangkar.

1 komentar:

  1. T-Shirt: Titanium Pan | T-Shirt | T-Shirt
    T-Shirt: Titanium Pan. All of our T-Shirt designs titanium boiling point are inspired by the best titanium wok T-Shirt. T-Shirt. ecm titanium T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. snow peak titanium T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. keith titanium T-Shirt.

    BalasHapus